Filipina Berharap Dipayungi Keberuntungan Lawan Timnas Indonesia

By ommed


MANILA - Pelatih Filipina Michael Weiss berharap tim besutannya dipayungi keberuntungan saat menghadapi timnas Indonesia dalam matchday kedua Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Selasa (21/11) petang WIB, di Stadion Rizal Memorial.

Weiss dan penggawa Filipina menganggap mereka sebetulnya mampu mengimbangi permainan Vietnam di pertandingan perdana pada pekan lalu. Hanya saja, mereka sedang menghadapi kesialan, sehingga menelan kekalahan 2-0.

The Azkals pun kini membidik kemenangan atas Indonesia yang baru dibantai Irak 5-1. Weiss berharap Dewi Fortuna lebih berpihak kepada mereka, sebab tekanan untuk memenangi laga sangat tinggi.


“Penampilan kami luar biasa, dan saya ingin mendapatkan penampilan seperti itu di pertandingan nanti, bahkan lebih baik lagi, karena tim semakin berkembang,” ujar Weiss.

“Mudah-mudahan kami bisa mendapatkan sedikit keberuntungan yang tidak kami dapatkan saat melawan Vietnam.”


Weiss menambahkan, baik Filipina dan Indonesia mempunyai tekanan yang sama di pertandingan ini. Sebab, mereka wajib meraih kemenangan bila tidak ingin mendapatkan kesulitan dalam mengarungi laga sisa di grup.

Saat ini Filipina menempati peringkat ketiga klasemen sementara tanpa poin, namun mereka unggul selisih gol dari Indonesia. Sedangkan Irak memuncaki klasemen, diikuti Vietnam yang sama-sama mengoleksi poin tiga.


“Pasti ada tekanan besar. Pertandingan [melawan Indonesia] akan menjadi sangat penting. Hasil adalah satu hal, kekalahan melawan Vietnam juga satu hal,” kata pelatih asal Jerman tersebut.

“Bagi kedua tim, ini adalah laga hidup atau mati. Mungkin kalau kita tidak menang, atau mungkin Indonesia tidak menang, akan sangat sulit bagi kedua tim untuk melaju ke babak berikutnya.” (gi)